KETEGASAN MENDIDIK

12 Oktober 2010
Sebuah pendidikan perlu untuk diberikan jikalau memang dibutuhkan untuk diberikan. Pendidikan yang baik akan selalu koheren dengan hasil yang baik pula. Teorinya seperti itu. Dan prakteknya pun harapannya seperti itu. Kalau pun ternyat hasilnya tidak sama dengan pendidikan yang diberikan, berarti ada faktor x di sini yang perlu untuk dicermati.
Mendidik seseorang, apalagi orang terdekat kita memang menjadi tugas dan kewajiban kita. Apalagi bagi seorang ayah terhadap anak-anaknya ataupun seorang suami kepada istrinya. Mendidik mereka adalah kewajiban bagi seorang suami dan ayah. Akan berdosa malah jika sampai tidak dididik. Ada kesalahan dibetulkan dan dibenahi. Istri mengalami kesalahan, kewajiban bagi suami untuk mengingatkan dan membenahinya agar menjadi benar.
Namun, ada batasan-batasan tatkala dalam mendidik tidak diindahkan oleh istri atau pun anak-anak kita. Dibutuhkan ketegasan dan sikap berani untuk membuatnya patuh pada kita. Tentunya dengan tetap penuh kelembutan dan senyuman. (bersambung)

0 komentar: