Jangan Ajari aku dengan ketidakjujuran Atas Kata-katamu.

08 Oktober 2010
Bingung. Mungkin satu kata ini yang sedang hangat-hangatnya memenuhi pikiran ini. Betapa tidak. Sebuah informasi yang sudah dipercaya, ternyata menjadi berbeda tatkala ada informasi lain yang lebih menunjukkan kebenaran. Kepercayaan akan sebuah informasi ataupun berita sangat penting bagi kita. Mengapa? Karena kepercayaan itu mahal sekali nilainya. Sekali orang dipercaya dan amanah kemudian dipercaya lagi dan tetap istiqomah, maka insyaalloh kepercayaan itu akan melekat terus kepada orang itu. Memang berbicara masalah kepercayaan itu dimensinya sangatlah luas. Tidak memiliki satu sisi atau perspektif saja. Percaya akan pekerjaan, percaya akan kesetiaan, percaya akan komitmen, dan bentuk-bentuk rasa percaya yang lain. Mana yang baik? Sebisa mungkin kita melakukannya pada semua aspek kehidupan.
Memang, sekilas maksud kita itu hanya sebagai gurauan atau sengaja untuk menggoda. Namun, jika itu dilakukan secara terus menerus, khawatirnya akan menjadi sebuah kebiasaan. Dan itu sangat bertentangan dengan sebuah idealisme seseorang.
Menanamkan kepercayaan ke orang itu penting guna kelancaran kita ke depan. Kebiasaan berkata jujur pada semua hal merupakan sesuatu yang penting. Di situ akan tercipta dan membentuk sebuah ketenangan dan kenyamanan. Janganlah suka berkata bohong. Selain itu tindakan tercela juga akan dapat berakibat balik kepada kita. Bukankah kita tidak mau dibohongi sama orang lain? Oleh karena itu, janganlah suka membohongi orang lain.
Insyaalloh dengan membiasakan berkata jujur, kita akan lebih mudah berurusan dengan orang lain dan sifat yang demikian itu mengarah pada bentuk kepribadian yang berakhlakul karimah. Amin....

0 komentar: